jump to navigation

Sekilas Sangatta-ku August 4, 2007

Posted by bundarisa in Piknik.
trackback

Hi…, aku mau cerita dikit nih soal Sangatta, kota Tercinta yang hampir 2 tahun sudah aku tinggali.

Sangatta adalah ibukota Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan timur. Kata orang-orang sih kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai yang konon wilayah besar kemudian dibagi 3 wilayah kabupaten, yaitu: Kutai Kertanegar, Kutai Barat dan Kutai Timur. Katanya lagi itu terjadi sekitar 7 tahun lalu.

Yang aku rasakan selama 2 tahun sih perkembangannya lumayan pesat, terutama sektor ekonomi atau perdagangan. Yang dulunya masih tanah kosong, sekarang sudah ada warungnya, sudah jadi toko, sudah jadi counter, sudah jadi dealer… wah rame deh pada rebutan blahan bisnisnya masing-masing… Cuma jadi penonton dan penggembira aja deh…

Oya, ini ada peta jalan kota Sangatta, dijamin tanpa peta ini gak bakal tersesat deh, soalnya gak terlalu luas. Meskipun begitu dengan peta ini akan lebih mempermudah jika kita ingin mencari suatu tempat di Sangatta.

sangatta-map.pdf

Nah kalo dilihat dari foto udara sih, sebagian tampak begini :

sangatta-6.jpg

Namanya ikut suami ya asyik aja, meski harus tinggal di kota kecil seperti Sangatta… eh, jangan salah lho gue ini pernah tinggal di Jakarta lho.. ciee…

Banyak sekali pengalaman hidup baru yang aku dapat disini, mulai dari bertetangga dengan orang bugis, makan makanan khas bugis…, lho kok malah bgus ya… nah ceritanya disini itu banyaknya orang pendatang, selain jawa ya bugis yang paling banyak. Suku-suku lain seperti flores, maluku atau orang sumatera juga ada, tapi dalam jumlah yang tak sebanyak jawa dan bugis. Lho orang Sangatta aslinya pada kemana ya… “ada aja”… mereka tinggalnya jauh dengan tempat tinggalku.

Cerita soal Sangatta memang gak ada habisnya…, sekarang aja nama Sangatta sudah disesuaikan dengan ejaan baru, jadi Sengata… he he, asing ditelinga, tapi itulah ejaan baru kita.

Kabar terbaru dari Sengata sekarang adalah dibukanya obyek wisata baru “Pit-J Look Up”, yah obyek wisata tambang yang mungkin gak ada ditempat lain…, baru dibuka akhir april kemarin. Dari situ kita dapat menyaksikan aktivitas penambangan batubara di Pit J milik KPC. Sayang saya belum punya gambarnya… he he, habisnya baru denger aja kalo Pit J Look Up sudah dibuka, tapi belum sempat kesana… kapan-kapanlah diambilkan fotonya :).

About these ads

Comments»

1. Cigarro - November 28, 2007

Wah, iseng dari tempat kerja. kangen ma sangatta. aku coba googling pk key word “Sangatta”, dapet salah satu Blog ini.
Seneng bs baca Info terbaru dari sangatta. ada >Pit J look Up< kmaren aku s4 disitu. mdh an sejak di pegang KPC, pit J jadi lebih baik. terakhir aku liat Pit J, look Up nya masi dalam pembangunan. sekitar bulan,juli kmaren. kayak nya aku bakal rutin liat blog ini. . . .dah dulu yah.

2. rizal - February 7, 2008

assalamu alaikum..
sama dong. aku di sangatta juga…

3. Yaji Yugo Utomo - February 21, 2008

Assalamualaikum Wr, Wb

Sebelumnya saya minta maaf sudah, mampir di website anda,sebelumya saya gembira bahwa sangatta sudah menjadi kota yang maju, saya sebagai putra daerah sana yang memang dulu papa saya tinggal disana, sudah tujuh tahun saya meninggalkan sangatta dan sekarang tinggal dilampung, kakek saya adalah ketua adat sana namanya nenek sutai keluarga saya adalah almarhum ketua adat sana yaitu nenek pital itu sekilas tentang saya, saya adalah mahasiswa Teknik Informatika di Lampung Nama saya Yaji Yugo Utomo salam kenal dari kelurga besar saya Selamet Riyadi mungkin selama tujuh tahun ini nama itu sudah orang tidak tahu namun perkembangannya disana dimulai dari nama orang itu yang sealalu membanggakan hutan disana, maaf kekayaan hutan disana lebih maju dibandingkan dengan batubara itu adalh milik orang adat disana yang sangat harus dilindungi.

Wasalamualaikum Wr,Wb

4. abie - February 29, 2008

assalaamu’alaikum wr. wb.

dear mba dian,
bagus juga ceritanya mengenai daerah ini, btw saya lagi ada negosiasi kerja dengan salah satu perusahaan di sana dan tentunya saya sama sekali belum tahu dengan daerah ini. mungkin dari bayangan saya adalah daerah yang sangat jauh sekali. tetapi kok dicerita ini menarik juga yah…

ok, bisa dong kirimin beberapa foto mengenai daerah sana terutama untuk daerah kpc. itupun jika ada (hehe ini gak maksa lho).

ya..makasih deh ada blog ini. salam ama keluarga.
wassalaamu’alaikum wr.wb

5. indah - February 29, 2008

sangata tu seperti apa ya? suami saya mau kerja di sana, fluidcon. ikut ke sana ga ya? kesanya kalo di kalimantan tu terpencil, jauh dari peradaban. gmn dengan fasilitas pendidikan?

roza - January 2, 2012
6. iffahrosyiana - March 24, 2008

Ass.wr.wb.
Salam kenal. Suami saya dah 6 tahun di sangatta. Aku masih di jawa karena bekerja dan pertimbangan pendidikan n kesehatan anak-anak. Tapi kalo ada info tentang pekerjaan di bidang HRD dan psikologi atau pendidikan boleh juga kok di sharing. Ada kemungkinan tinggal di sangatta karena suami susah pindah kerja di jawa. Trims

7. nicky socrates S.STP - May 10, 2008

ass..
sangatta itu ibu kota Kab.Kutai Timur ya mbak?
btw kota sangatta itu kayak gmn sih?
nyonyaku kerja di BKD kab.kutim, saya skrg posisi di mojokerto, long distance dt deh, saya belum pernah pergi kesana, pengennya sih maen2 kesana sekalian silaturahmi sama calon mertua hehe..
oia salam kenal mbak ya.

wass..

8. hans - June 12, 2008

Dear Ibu Dian,
Terima kasih atas informasi kota sangatta melalui tulisan ibu, saya bersyukur atas tulisan ibu ini. Kebetulan saya sedang mencari data untuk tugas kantor saya. Sebelumnya saya belum tahu sama sekali mengenai kota Sangatta ini.
Atas informasi yang Ibu berikan saya mengucapkan banyak terima kasih. Kiranya Tuhan senantiasa memberkati ibu dan keluarga.
Fr. Hans
Jakarta

9. Bayu - August 9, 2008

Mbak Dian,
Saya mahasiswa Unversitas Airlangga Surabaya, alhamduliilah baru lulus minggu kemarin dan alhamdulillah lagi saya langsung dpt tawaran kerja di Sangatta. Untuk itu saya merasa terbantu sekali dengan adanya blog dari mbak. Jadi bisa sedikit tau gambaran Sangatta.
Insya Allah, kalo jadi mulai bulan September depan saya berangkat kesana.
Kalo ngga ngrepotin mbak, saya boleh minta infonya lagi ngga mbak? yah ttg apa dan bagaimana di Sangatta itu.. kan tmpatnya jauh mbak, jadi itung2 bisa bantu saya bwt ngmbil kputusan ngambil tawaran kerja itu apa ndak..
segitu dulu aja mbak.. saya akan srg brkunjung ke blog ini.
makasih mbak..
Wassalam..

teddy - April 30, 2011

mas Bayu saya mau ke Sanggata, bagaimana cara ke sana dari Surabaya?

10. mustaqim - August 12, 2008

sangatta……
aku ingin pulang….

theangleofheaven.multiply.com

11. abdee - August 16, 2008

mbak ato mbah ato ibu he he he he. makasih ya dah kasih liat profil sangatta. coz dengan begitu aku bisa mengurangi rasa rinduku pada seseorang yang ada disana. oh ya aku dari jatim khususnya malang. sekali lagi terima kasih yaaa. boleh minta alamat e-mailnya gak???? pasti gak boleh he he he he. becanda. salam kenal.

12. RiYAnG - August 16, 2008

jadi pengen coba kerja di sana…….
kira2 enakan mana ya kerja di sangata sama di batu hijau tempat saya bekerja sekarang…….????

13. ernita - September 2, 2008

mba gimana prospek tenaga kesehatan di sanggata aku oingin kerja di sana, kebetulan profesiku bidan

14. aitha - September 8, 2008

asss tante aku tu dari dlu mengidam2kan kota kalimantan bagiku kotanya sangat menarik n aku sebenarnya bercita2 kerja dsana n tinggal menetap di sana terutama sangatta
tapi aku ga pya saudara sama sekali dsan
padhl aku pengen bagt berkunjung ke snggta
coz aku dah bsan tinggal di jawa
bgi sangatta di kalimnatan adlah tmpt idamnku
tante doakn aku capa taooo
aku bsa tinggal n suksess
di kalimntan n skarng aku mash kls 3 sma

15. aitha - September 8, 2008

ohhhh yaaa aku td blm kenln ma tanteee salm knl yaaaa
ohhh iya tante doakan aku jd bidan yaaa n doakan jg agr aku di tgaskan ke luar jawa terutama sangatta kalimantan timurr

16. dianwida - September 13, 2008

amin…. he he… ternyata ada juga yang mengidamkan tinggal dihutan.

vandi - October 5, 2009

eh…klo mo comen jangan asal

17. Mrs. Vale - September 19, 2008

Assalamualaikum wr wb
Salam kenal,,,,, kita sama-sama orang perantauan yang tinggal di Sengata. Tapi aq sekarang lagi kuliah di UnNMUL””
Q sich tinggal di Sengatta Utara, yang lewatin tikungan sahara itu loh,,, deket pasar sangatta yang lewatin sungai… tapi rumahq g’ sampe nyebrang kok… cuma di pinggir jalan ajjjj….

18. Djoko - October 16, 2008

Assalamualaikum. W.W
Salam kenal,
Saya dari Aceh n perlu informasi no telepon Ibu Noorsyaidah ” Manusia Kawat” dari sangatta. Alamat beliau di Bukit Pelangi, RT.27, Desa Teluk Lingga, Sangatta Utara. Sebagai sesama muslim, ada sahabat saya yang ingin membantu pengobatan beliau secara non medis, tetapi terlalu jauh untuk ke Sangatta.
apakah ada yang berkenan membantu agar saya bisa kontak beliau..
Wassalam…
Djoko

nurul fakhriyah - May 2, 2011

MAnk kamu mw apa nlpon bu noor ,,???

19. beibe - October 20, 2008

assalamualaikum mbak dian…..

calam kenal yah… ku seneng bangetz dech bisa nemu ni blog… coz rencananya neh insyaallah aku bakalan jadi salah satu orang yang bikin rame sangatta… abiznya sekarang lagi pol in lop ma cowox yang kerja di kpc, n ada rencana mau merit… hehehehe…
ni blog sedikit banyak dah jadi tew daerah sangatta… ya itung itung observasi daerah sana, biar tew kondisi tempat tinggalnya si calon :-D

mbak ntar lau ada pict pit j kpc n camp buat pegawai kpc d upload yah.. penen tau… abiznya udah bongkar bongkar internet nemu cuma separo separo… tinkyu before mbak.. moga moga someday bisa ketemu mbak dian disana..

tinkyu co much mbak..

20. roses-man - October 30, 2008

Wah, ada orang sangatta (eh sengata ya)…. sudah lima tahun meninggalkan kota itu. pernah kerja di salah satu kontraktornya KPC selama 6 bulan, pernah menjelajahi sangatta. Pake motor, jalan kaki, bahkan pake taksi (tapi taksinya sangatta ya bukan jakarta)… sampe pernah keilangan dompet yang akhirnya ketemu lagi.
Dulu tinggal di wisma rayah, sering ke town hall… atau ke pasar, atau keliling2 aja. Hemm… kangen juga, tapi mungkin deket2 ini bakalan ada tugas ke sana lagi dari kantor (tapi dah beda kantor dari yang 5 tahun lalu itu) kayak gimana ya perkembangannya…..

21. oRiDo™ - November 6, 2008

makasih buat peta nya…
insyaAllah berguna buat aku yang bakalan menjadi warga sangatta..
*kerjaan memaksaku meninggalkan ibukota..*

22. aitha fathier - November 7, 2008

askum tante gmn kabrnya
keluarga di sana
te aku pengen liat n tinggal disana
taspi ma ortu
gag boleh jadi sampi kiamat aku gag akan ke kaltim padahal aku ingin baget di sana\

23. mustaqim - November 14, 2008

Sangatta kota ku tercinta

24. vi_a - December 7, 2008

lam kenal ya mbak…
thanks dah ada blog ini akhirnya calon suamiki tw gmn kondisi sengata,
maklumlah dy nya mah tnggalnya dikota, eh tapi jgn salah qt jg tinggal dikota, kota sengata tercinta…….
tetp semangat ngelanjutin blognya lg ya mbk…
di support deh dgn do’a…

25. admin kenangan - December 10, 2008

salam kenal saja

26. Ibu Raffi - December 19, 2008

Ass,
Suami saya juga kerja di Sangatta, sampai skrg……
Makanya saya pernah sekitar 5x kesana….dari yang jalan Bontang – Sangatta jelek, sampai diperbaiki, eh sampe dah rusak lagi……hehehhe …..
Iseng cari di google Sangatta eh, keluar blog kamu….
Keep writing yaaah …..
Salam kenal ajah yah dari ibu Raffi …..

27. oyak - December 25, 2008

Assalamu Alaikum Wr Wb…
Salam kenal ya mbak
& to smua warga sangatta.
suami sy jg lg tugas disangatta & rencana mau nyusul sih…cm ini lg nyari2 kerjaan disana. mgkn mbak ada info to posisi Admin / Finance.
ok mba thanks sebelumnya.

28. Mitha - January 14, 2009

Assalamu alaikum Wr Wb…
Salam kenal kak..
sy senang baca nerita ka2k mengenai sangata. Soalx sebentar lagi sa akan ke Sangata. Tapi sa belum dengar tentang daerah Sangatta, sa takut kalau udah berada disana, saya tdk tau taw apa2.
Sy kesangata untuk tujuan kerja di panggil oleh Om.
Boleh g beri taw lg lebih benyak mengenai sangatta. Seperti Transportasi, tenaga kerja, dll.
Makasih….. Mita Makassar

29. dianwida - January 14, 2009

Wa’alaikumsalam buat semuanya…,
wah…, ternyata banyak teman-teman yang mau pada pindah ke Sangatta ya…, sayang sekali kami sekeluarga sudah pindah dari Sangatta. Tapi memang tetap masih merasa memiliki lho… chie… namanya juga lama tingga disana. OK deh semua, selamat berasyik-asyik aja ya menikmati suasana Sangatta.

30. ineb_alamanda - February 5, 2009

aku pernah juga tinggal di sangatta tepatnya di komplek bukit pelangi, di sini sangat-sangat tenang alias sepi sekali tapi aku sangat menikmatinya karena jauh dari bising maupun kemacetan suasana kota, 1,5 tahun lebih aku di rainbowhill sini (2006-2007), rumahku terpencil sekali diketinggian, sedangkan tetanggaku yg terdekat (+/- 200 meter) yaitu rumah jabatan bupati hanya dipisahkan lembah, banyak kenangan indahlah pokoknya yg kutinggal di sini, entah suatu saat aku pasti datang lagi tentunya melepas rindulah dengan teman dan sahahat di sini…..{benny sukandari}

31. Yuni . R - February 15, 2009

Ass.Wr.Wb
Salam kenal mbak Dian…
Emang benar kota senggatta itu cepat perkembangannya. Aku br aja jln2 sekeluarga tgl 12/2/09 kemarin wah indah sekali jln ke bukit pelangi, bukit Pandang…. benar2 indah… Aku pengen banget bisa bekerja di Sengatta. Apa tenaga kesehatan di sana masih dibutuhkan ya kebetulan profesiku sebagai bidan… ?

32. purwadiesje - February 27, 2009

Ass.wr.wb.
nama saya purwadi,…salam kenal mb Dian. dulu tahun 2005, istriku seorang dokter terbang PT. Total Indishie (kontraktor migas) dan tinggal di sanga sanga sanggatta. kota ini sekarang kaya gimana ya? dah lama ndak ke sana…skrg saya di jakarta beserta istri…pindah dech ke kota jakarta….pingin sih ke sanggatta untuk jalan jalan nostalgia kembali….

salam
purwadi
http://www.sentra-biofir.co.cc

33. dianwida - February 27, 2009

Wass., Pak Purwadi,
Mungkin maksudnya Bapak, Sanga-Sanga ya pak…, itu beda kota sama Sangatta.
Di Sanga-sanga ada operator migas namanya Vico Indonesia, Total Indonesie? kurang tahu juga kalo ada di Sanga-sanga… :(
Beda dengan Sangatta, operator migasnya Pertamina, operator tambang batubara yang ada, PT. KPC.

34. david widyantara - March 20, 2009

pa qbar sangatta????????????????????

kangen nech dah 2 tahun ga liat sangatta…………….

g’mna ney qbarx skarank?????????????????????

35. Ahmad Nuryanto (utut) - March 20, 2009

asslmalaikum,
pa kabar sengata ku!!!terimakasih mba` dian tulisannya membuat saya jadi kangen berat sama kota sengata ku tercinta,karena sekarang saya masih di di kota malang sebagai mahasiswa.oh ya kenalkan saya adalah putra sengata yang lahir dari seorang ibu asli sengata kutai.saya pengen curhat,mengapa ya penduduk kutai disana seperti terasingkan di tanahnya sendiri?maaf saya bukan bermaksud berbicara sara,tapi saya sebagai anak sengata prihatin dengan penduduk kutai tersebut,saya kepengen kesejahteraan penduduk tersebut diperhatikan. Penduduk kutai sengata merupakan salah satu ikon dari sengata jadi kepada pemerintah disana tolong lebih diperhatikan lagi kesejahteraannya klo bisa berikan apresiasi atau penghargaan kepada mereka mungkin dengan membuat sebuah buku mengenai historis asal muasal kota sengata,adat istiadat dan kebudayaan penduduk asli tersebut karena supaya kita mengerti lebih dalam tentang sengata,seperti kita tahu sekarang sengata lebih identik ke PT.KPC dengan batu baranya,agar kita lebih mencintai kota sengata.adat budaya kita lestarikan.ngomong2 sengata katanya semakin panas?buat KPC hutan ku tolong dilestarikan,jangan habis manis sepah dibuang bahaya tu bisa jadi dampak global warmingnya semakin parah bagi seluruh umat manusia didunia.bisa dosa tau!!!
terimakasih dah bisa numpang cuap-cuap!!!
wasalamualaikum.

36. busan - April 1, 2009

Assalamu’alaikum……
Saya salah satu karyawan Bank Umum Syariah. Insya Allah kita akan segera ikut meramaikan kota Sengata, karena kita akan buka outlet disana…mohon doanya untuk sama-sama bisa mensyiarkan perbankan dan perekonomian syariah kepada masyarakat Sengata…
Wassalamu’alaikum…..

37. nia - April 12, 2009

Assalamu’alaikum
lam kenal….saya nia lengkapnya husnus saniah…dari taon 2005 saya ikut suami ke sgt.
di sini (sgt.red), temanQ amat minim…
so sape tau mb mo jadi temen saya….

widya margarettha - November 12, 2009

hai mmbak,salam kenal aja yach……….

Mustafa - May 8, 2011

salam kenal juga, saya juga akan kesana

38. dianwida - April 14, 2009

Wass., salam kenal juga ya…
wah, bareng dong, saya juga dari tahun 2005 datang ke sangatta dulu, tapi sekarang sudah pindah meninggalkan kota tercinta.
Sayang ya gak sempat copy darat…

39. Maleo-AdePassau-AdePrianata - April 16, 2009

tempat lahir saya nih, tapi sejak lulus SD tahun ’95 saya tinggalkan sangatta untuk menimba ilmu ke jogja mulai smp-sma- hingga kuliah di ilkom ugm. mei besok dah wisuda, kadang saya berpikir apakah saya akan balik kesana untuk membangun tanah kelahiran saya, atau tetap dipulau jawa karena memang sudah 9 tahun saya gak pernah menjejakkan kaki lagi di sangatta.

btw banyak org bugis yak mba, mungkin salah satunya ada om, tante, dan kakak saya disana. hehe saya sendiri sampe lupa rasa makanan khas bugis, kapurung…..

40. beni cardilano - April 20, 2009

thanks mbak atas info sangattanya, saya bermasud mampir ke Sangatta dari Samarinda.Mudah2an info ini sangat berguna. Mohon bantuannya tempat penginapan/hotel yang dekat ke perumahan karyawan KPC. Thanks mbak.

41. Cars - May 8, 2009

just passing thru….

Gotta love yahoo, very neat website. Thanks alot….

42. ibu raffi - May 8, 2009

Mbak…aku lg berkunjung aja ke suami disini…aku di tanjungbara, mbak dimana?..bisa nanya2 t. mkn enak n dokter yg oke doonk…nti boleh minta hp nya yah…tp akhir bln ini aku dah mau balik lg ke jkt….smoga sempet dpt info d dr mbak ya…tks…

43. ibu raffi - May 8, 2009

btw aku pernah comment tgl 19 des 2008 loch….

44. dianwida - May 18, 2009

tempat makan? sari laut dekat simpang bontang boleh juga tuh ibu raffi..
kami sekeluarga sudah pindah dari sangatta, saat nulis ini kita msih di jawa.

45. rejelinge - May 20, 2009

Terimakasih atas infornya Mba…
kutemukan ini juga pas lagi mau cari tentang kota Sangatta
ada yang bilang kotanya menarik

tapi kalo bisa ditambah lagi infonya,, ya gambar2 kota atau loker di sangatta…

46. Dobi - May 22, 2009

Assamualaikum,
Numpang lewat…
Sekarang Sengata udah mulai membangun, ke depannya bakal punya RSUD yang megah,SD-SMU Unggulan,GOR yang bahkan dibeberapa kota besar tdk seMegah itu,kampus STIPERnya bakal jd dege jg (kalo ga percaya jalan2 aja ke Jl Soekarno Hatta). Trus ada jg Taman Mini yg bener2 mini (hehehe..). Hanya satu sj akses menuju kota ini yg belum dpt perhatian serius dr para pejabat ya…
Oia tenaga teknih yg membangun Pit J itu my lovely husband…

47. anto - May 29, 2009

salam mbak dian

tolong dong kasih infonya, apakah disana peluang kerja untuk bidang konstruksi karena rencananya mau kesana.

thanks

anto

48. dianwida - May 29, 2009

wah, anto… maaf ya gak bisa kasih info soal itu… keterbatasan informasi… :)
kalo memang ada rencana kesana, keep fight aja ya… he he…

49. Aris D. Suryadi - June 2, 2009

assalamu’alaikum…
Saya baru nyampai di Sangatta malam ini setelah perjalanan yang melelahkan selama 6 jam dari Balikpapan, jalan antara Bontang – Sangatta sungguh memprihatinkan ….
Semoga besok dah siap kerja …
Salam,

dianwida - June 5, 2009

selamat datang di sangatta pak… he he… semoga betah… :)

50. The_fhuchiy3z - June 30, 2009

sangatta………….

g’mna kabar????????????/

jalanan dah baik kah??????????

klo blm, q ga bisa pulank ney….
padahal dah kangn ma sangatta…….

51. Barliyan - July 12, 2009

Halo ibu, krasan ya tinggal di Sangatta. bersukur sekali saya dapatkan blog ini, kebetulan sama mau tinggal dan kerja di sana, IsyaAllah. Saya mudah2an ketrima di Thiess, katanya sih di tempatkan di Sangatta. Saat ini saya tinggal di Bali sama keluaraga. Saya asli Malang, sawojajar dan saat ini terdampar di Bali. he…he… bisa kasih info dikit nggak kondisi kota di sana, rumah, mall, dan restaurants. Thanks.

52. Dahlya - July 30, 2009

anak jakarta merantau di kalimantan…
nama ku Lya sekarang sedang tinggal di kalteng tepatnya di kota sampit sejak tanggal 4 mei 2008 ,coz suami aku saat ini bekerja di suatu perusahaan perkebunan kelapa sawit…ini pengalaman yang unik hidup di remote area dengan dikelilingi hijaunya kelapa sawit..waktu pertama dengar suami mau ditempatkan di kalteng (sampit) yang terlintas pertama dipikiran adalah suku dayak yang kupingnya panjang-panjang dan tragedi perang suku antara madura dan dayak…wow mengerikan. tapi setelah aku udah datang dan menetap hampir 2thn ternyata menyenangkan bertetangga dengan suku dayak dan daerah2 lainnya apalagi dengan tinggalnya disampit aku udah dapat putri pertama yang baru berumur 6 bulan tapi tetap aj melahirkannya di jakarta karna biar diurus sama nyokap hehe maklum anak pertama..dan selain itu aku jadi banyak tau bahasa daerah2 deh..dan kemarin suamiku dapat panggilan kerja di kaltim masih sama diperkrbunan kelapa sawit yang bernama PT.Bima Palma nugraha menurut info yang aku dpat katanya dari Balikpapan masih 7-8 jam perjalanan darat lalu dari kota sengata masih 1 jam untuk sampai di perkebunan tsb..kita jadi bingung nech..diambil gak yah tawaran kerjanya?karna kita punya baby jadi kita harus pikirkan fasilitas di kota sengata apa memungkinkan untuk kesehatan dan perlengkapan kebutuhan kesehatan dll untuk baby…untuk yang tau tentang PT.Bimapalma tolong infonya ya…

thanks

dianwida - July 31, 2009

mbak Dahlya,
info-nya ada disini http://bimapalma.com
he he.. karena sudah terbiasa hidup di remote area gak akan susah menyesuaikan diri kali ya… itu misalnya mau mengambil tawarannya…
enaknya kita yang tinggal di remote area duluan, jadi gak kaget ketika harus pindah ke kota… beda yang sebaliknya tho… he he…

mando - May 8, 2011

Saya akan bekerja di kecamatan Sangkulirang, denger2 daerah tersebut sangat terpencil ya..Yang jadi pertanyaan saya berapa jam dari Sengata ke Sangkulirang tersebut. Saya punya anak 2, satunya umur 3 tahun dan satunya lagi usia 1 tahun. Mbaik Dian & all Friends, bisa ga bantu saya untuk infokan harga sewa rumah di Sengata yang ideal (2 kamar) berapaan? dan biaya hidup disana mahak ga ya?

Thanks ya atas jawabannya, saya sangat butuh info ini.

Salam kenal

53. Fahri - September 7, 2009

Lam knl dr aq . Aq di tlk lingga ,bru aja sih tggl di sgta -+ 19 thn ja. Mmang luar biasa tak ada kota secpat sgta perkmbgannya . Thn 92 baru jdi kcmtan , dan th 99 sdh jd kta kabuptn. Sangata yg bikin aku berarti . Karna dlunya aku boke dan skrg aku sdh toke…

54. ERNY WULANDARY - September 12, 2009

hai lam knal dri q ya,,,,,,,,,q erny q jg tggl d kaltim v q tggl d plaran dn srng sh q dengr yg nmx sngata,,,, ktx sh tmptx nak n nyman gtu,,,, q jg punya tmn d sna, pngen sh q ksna vx q skrg lg krj d bppn v home q msih d plaran tptx bukuan…………………………./////?????????????????????
lam knal x skli lg……????????????????????????/

55. vandi - October 5, 2009

hi sy vandi
sy bt aj plg dr sangatta,aq seorang kartawan yg dipindah tugaskan disana
sebelunya sy ga tau yg namanya sangatta,dibenak saya sangata tuh jauh,terpencil n pelosok
tp krna tngg jwb yg diberikan perusahaan tmpt sy bekerja,sy akhrnya berangkt
stlh disana sy
mulai merasakan klo sangatta it indah bgt
selama 3 bulan sy menetap disana
tp disaat masa mutasi sy berakhir n sy hrs kembali ke pontianak.ad rasa sdh n berat bgt buat ninggalin sangatta
tp kembli krna tgngg jwb sy hrs prgi dr sangatta
stlh sy plg ras kehilangan yg sy rasain besr bgt
sy kefikiran trs tngg sangatta.ga tau knpa rasanya pengen berhenti kerja n kembali ke sangatta n mulai hdp baru disana
bg sy sanggata sangat indh,tenang,damai
sy merindukan sangatta,,,sangatta kta tercinta

56. widya margarettha - October 22, 2009

hi….mbak,aq snang lho critanya ttg sangatta.aq lbih tau ttng daerahnya,soalnya suami ku kerja disana tapi aq nya sndri blum prnah ksana.kalau bisa cerita lebih banyak lagi ya mbak ttg sangatta nya!!!!!

57. bela - November 8, 2009

assalamualaikum
phie npha yea skrang kota sangatta jadie ga’ terkontrol seperti ini..
yang saya rasa sebagai orang baru disini thu kurang asikkk en terlalu gengsian anag”nya..

58. kristanti - November 21, 2009

tnx m’dian fyi tt sangatta,tp mba klo blh tnya, mba tau ga pt.altrak disana?tks.gbu.

59. amriyatmiki - November 25, 2009

saya sempat di sangatta, bekerja sebagai buruh tambang di KPC tinggal di mess pama tanjung bara selama 3 bulan.

irma - December 21, 2009

salam kenal,…
ada sedikit kenangan dgn sangata meski saya belum pernah menginjakkan kaki kesana, dan setelah saya baca tulisan ttg sangatta saya jadi tringat oleh seseorang yang pernah ada di hati saya, seorang yang saat ini masih bekerja KPC, tapi itu hanya sebuah kenangan yang pernah ada, kenangan itu berawal saat saya tinggal di samarinda kaltim, iya,…. hanya masa lalu, tapi saya senang dengan sesuatu yang berhubungan dengan sangatta karena ada kenanganku disana

60. soroako - December 29, 2009

slam kenal mba,thanks ya atas infox..saya uda ada sdikt byangan tentang sangata,sda lma aq pengen ksana tp msi agar ragu2 takux kesasar he he he:-),stelah ada sdikt info dri mba abis thun bru aq pengen meluncur k sana

61. Aji Sudarmaji - February 8, 2010

Saya sdh lebih 7 thn tinggal di sengata, sejak oktober 2002. Sebelumnya sy tinggal di jakarta berprofesi sbg tukang pipa. Masuk sangata ikut andil mbangun kantor bupati dan gedung DPRD Kab kutai timur, memasang jaringan pipa air di 2 gedung tersebut. Terima kasih ya Allah, karena Engkau telah mentakdirkan aku tinggal di sengata. Karena dikota ini hidupku telah berubah. Dari yg tadinya buruh proyek bangunan ber pindah2 kini menjadi pegawai tetap. Terima kasih sengata, yg tlh menerimaku menjadi pns di k bpt.

62. Aji Sudarmaji - February 8, 2010

Thn 1993 sy terjun menekuni pekerjaan tukang pipa. selalu ber pindah2 dari satu proyek ke proyek yang lain berstatus sebagai buruh harian lepas, di seputaran jabotabek. Thn2 sy sangat merindukan menjadi karyawan tetap di suatu gedung yg sy bangun jaringan pipanya. Satu demi satu proyek pembangunan gedung bertingkat sy pasang jaringan pipanya, tapi belm ada yang mau mengambilku menjadi karyawan tetap sebagai maintenance. Baru Oktober 2003 sangata di takdirkan oleh Allah menjadi kota persinggahanku yang terakhir. Kini sy jadi pns di kantor bupati Kutai Timur stelah turut masang jaringan pipanya. jabatanku operator air. terima kasih sangata tercinta yang telah menampungku sdh lebih dari 7 thn. Terima kasih buat mBak dian yang punya blog ini.

63. suryanto toto - September 18, 2010

buat mas aji selamat ya,mungkin pernah kita ketemu sewaktu jadi kuli kantot bupati & DPR gimana sekarang setelah selesai aku ngak tau lagi, mudah2 an lebih baik & tambah maju.

64. Derry - October 27, 2010

Asalamu Alaikum
Saya sangat tertarik dan saya ingin ke SANGATTA mungkin minggu2 ini saya akan berangkat kesana,karena hidup di jakarta udah susah,,saya minta tolong untuk teman-teman usaha apa yang bagus saat ini di SANGGATTA,
Trims..
Nb:Tolong sekali lagi minta pendapat temen-temen yang sudah sukses di SANGGATA.

CimoN - November 5, 2010

huumm makanan ajahhh law menurut kuh

65. CimoN - November 5, 2010

astga jadii tambah kngenn sama sengata….
sekarang haruss pisahh dulu sementara waktu demii pendidikan
titi kota sengata yahhh

66. Syams - November 13, 2010

nah ,,, aku pengen nimbrung nih ,,, makasih ma mbak yg udah memberi peta nih ,,, aku udah keliling cari peta sengata buat perkembangan perusahaan tapi susah bgt ,,, sekali lagi makasih ya,,, eh malah bukan wong sengata ya yang buat nih peta ,,, hehehe ,,, gpp yang penting sama2 mau memberi informasi soal daerah2 yang masih mau berkembang…

67. Rahman pangloli - January 1, 2011

Wolcame to the sengata kota tercinta.. aku da tnggl d sengata -+ 19 tahun kota d mana aku d besarkan..sekedar ngsih info tambahan ne..untuk pendatang yg mau dtng d sengata gak usa takut datang k sengata uda banyak fasilitas pendidikan,rumah sakit,bank,hiburan,listrik.PDAM,dll walaupun gak semewah n semaju kota lain TP cukup ko..untuk pendatang yg mo cari kerja d sengata arus cukup skill lah soal.x saingan.a banyak trus lowongan kerja.a dikit tp klo mo buka usaha d sengata arus pandai melihat peluang usaha soal.a saingan juga banyak..hehehe…tar klo uda makmur d sengata jngn lupain sengata kebanyakan seh klo uda makmur lupa ikut membangun sengata padahal tempat cari uang..klo anda pendatang ya mo kriminal d sengata anda salah alamat karna sengta kota kecil jd klo anda mo lari kemana aja pasti d dapat…hehehee…sebelumnya terima kasih kpd Ibu Dian uda sudi memberikan info sengata d blog ne..moga sukses slalu..amin..

68. agus. kkrt 45 - January 27, 2011

oke kota sengata adalah kota tercinta yg harus kita lindungi dan kemajuan ekonominya yg sangat pesat ……………sya sangat senang tinggal di sengata mudah2han ja saya mendapat pekerjaan dcini,amin……….

69. dian - March 9, 2011

Assalalmualaikum.
Salam Kenal Yach Mbak Dian.. Kebetulan nama kita sama, saya bersyukur bisa membaca blog ini karena jadi sedikit banyak tahu tentang kota sangatta, jika allah mengizinkan insyaallah saya akan datang kesana karena saya masih takut dengan kehidupan disana yang menurut saya kotanya masih terpencil dan pelosok, mohon tambahn info gambarnya kota sangata ya mbak.. trims…

70. anggun - March 25, 2011

Dear All,

maaf saya mohon bantuan informasi. saat ini saya sedang mencari ibu noorsyaidah (wanita yang keluar kawat dari tubuhnya) berita terakhir beliau tinggal di daerah sangatta kutai timur. apakah ada yang bisa memberikan informasi? kami benar2 sangat membutuhkan no telpon atau contact person nya. kami bisa dihubungi di 021 7253488 (anggun) atau anggun.jpp@gmail.com.

terima kasih banyak atas bantuannya.

71. rasyid - March 31, 2011

Assalamu’alaikum Wr Wb.. bpk ibu sdr(i) yg sy hormati, trmksh atas komentar2 yg bernada positif ttg Kaltim khususnya kota Sengata Kab. Kutai Timur. Mmg tiada yg smpurna di muka bumi ini, namun sdh slyaknya kita mensyukuri nikmat & karunia yg ALLAH SWT limpahkn dimanapun kita berada & jgn lupa dg pepatah yg mengatakan “dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung”. Smoga rahmat & hidayah ALLAH SWT sllu menyertai kita smua, Amiiin…

72. Achy - April 16, 2011

Baru 2 Kali ke Sengatta…
jadi masih pengen lagi kesana…..
^_^

73. Adin Balikpapan - April 27, 2011

Assalamu alaikum wr wb…
saya sdh hampir setengah tahun ga ke sangatta ,saya kangen juga pengen kesana lagi,saya suka perjalanan menuju kesna walaupun hanya menggunakan sepeda motor, istri saya orang sangatta tp sekarang sdh menjadi penduduk balikpapan karena dia ikut saya….salam buat keluarga besar di sangatta …insyaallah saya akan kesana lagi dan mungkin akan membuat usaha di kota Sangatta.

cican2011 - January 24, 2012

Sangatta Ok

74. mando - May 8, 2011

Dear Mbak Dian & All

Saya akan bekerja di kecamatan Sangkulirang, denger2 daerah tersebut sangat terpencil ya..Yang jadi pertanyaan saya berapa jam dari Sengata ke Sangkulirang tersebut. Saya punya anak 2, satunya umur 3 tahun dan satunya lagi usia 1 tahun. Mbaik Dian & all Friends, bisa ga bantu saya untuk infokan harga sewa rumah di Sengata yang ideal (2 kamar) berapaan? dan biaya hidup disana mahak ga ya?

Thanks ya atas jawabannya, saya sangat butuh info ini.

Salam kenal

75. abdurrahim - May 26, 2011
76. brian - June 3, 2011

Mo nanya nih… apakah di sengata banyak rumah walet? Yang paling banyak perkembangan rumah waletnya di kalimantan di daerah mana ya? kaltim, kalbar, kalteng or kalsel? trimakasih jika ada yang…tau informasinya…..mohon di ceritain….

77. ANING - July 6, 2011

jadi tertarik untuk ke sana,,,, InsyaAllah nanti akan saya kunjungi,,,,, thank’s atas infox,,,,,

ezekial - August 1, 2011

sekarang seperti apa sih sangatta……
harga rumah di daerah sana sekitar berapa ya…..

bundarisa - November 1, 2011

wah… sudah gak update lagi nih…

78. Syatori Wae Euy - July 21, 2011

wah lumayan tuh infnya, soalnya sy lgi pikir untuk terima tawaran dari kantor pusat di Jakarta untuk di promosikan di sanggata….

79. dody - July 23, 2011

tertarik juga utk journey ksana mohon arahan utk transprotasi ke sana dari bdg or jkrta terimakasih

bundarisa - November 1, 2011

1. jakarta – balikpapan, banyak penerbangan rute ini
2. balikpapan – sangatta, bisa pakai travel jalan darat, banyak juga kok.

80. danu riyan - October 9, 2011

sangatta…minggu depan saya kesana….
penasaran, berdebar-debar, tertarik, pokoknya campur aduk. ini pertama kalinya saya akan menjejakkan kaki di kalimantan sekaligus menetap disana sebagai seorang karyawan……
makasih ceritanya mbak, saya jadi punya gambaran seperti apa sangatta itu…

bundarisa - November 1, 2011

hahaha… mestinya sudah sampai sangatta sekarang ya mas danu… wellcome to the jungle… :)

81. Ribkah - October 28, 2011

Hai mbak dian & friends…………….
seneng banget bisa baca seputar kota sangatta diblog ini karena di kota ini kakak & bapakku mengadu nasib mencari kerja.
Mbak Dian,
Tolong bantuan & infonya bila ada lowongan yang membutuhkan tenaga driver.trims

bundarisa - November 1, 2011

wah… maaf gak bisa bantu ya Ribkah… soalnya sudah gak disono lagi… :)

82. andre - November 1, 2011

Aku akan ke sana

bundarisa - November 1, 2011

siap.. siap…

83. iQbaLs - November 4, 2011

aku baru pulang dari sangatta..
Insya Allah nantinya lanjut kerja disana..
doain ya!!

kmrn roadshow sangatta, bengalon, rantau pulung, sankulirang, aku dapat pengalaman berharga banget disana..
buatku ada arti tersendiri untuk tinggal disana!!

#efekkebanyakanminumairmahakamnih

84. chel - November 8, 2011

makasih buat sangatta .. disini aku ketemu jati diri dan orang yang aku sayangi ,,, aku sendiri sekarang bekerja menjadi penyiar radio di salah satu radio tambang di sangatta!! KFC udah dibangun.. coffe toffe makin ramai, smoga yang lainnya menyusul yahh.. jadi ga usah jauh@ ke samarinda atau balikpapan kalau kangen suasana kota asal :D

jasmine aiko - December 11, 2011

hy chel….aku septika,mgkn bln depan aku brngkat ke sangatta…blh crita lbh lanjut g,sangatta itu kayak pa cih?krn mgkn sangatta akan jd tempat tinggalku…
makasih,

85. jasmine aiko - December 11, 2011

hy…aku septika,salam kenal mbak…
bln depan rencanaya aku mw berangkat ke sangatta,aku mw tanya perjalanan dr balikpapan ke sngatta it brapa jm ya mbak?terima kasih..

86. diky - December 16, 2011

hy mbak salam kenal….
Aq sekrang tgal di sangatta,,,sekarang semuanya serba bagus di sini gak seperti dulu lagi,sekarang banyak penghuni rumahnya,,,sekarang jalan dari bontang ke sangatta bagus mulus sampe ngantuk dech pokoknya tapi sayangnya debunya gak ketulungan kalo siang hari,,trus biaya ekonomi jg mahal sekarang,,mending kerja di tambang jawa dr pd dsni…..tp bnyak enaknya jg sperti kta mbak…..thanks atas foto petanya…

87. kriss - December 28, 2011

wahh,, ak dari kecil di sangatta,, terus pindah ke jawa.. 10thn kemudian awal 2011 baru pindah ke sangatta lagiii,, kangeeennnn bgt,, tp harus lanjutin kuliah dl di surabaya..

10thn lalu sangatta bener2 msih hutan apa lagi daerah pongtiku,, hutan semua,, awal 2011 pulang kesana kaget bgt udh lengkap, ada mall.nya walaupun lebih mirip ruko,, hehehee

sdh ada coffe toffe, KFC, tempat tongkrongannya lumayan lahh.. ada town hall,, untuk pariwisata ada aquatik, tanjung bara,, ada teluk lombok..
tp klo ke TL(teluk lombok) jarak tempuhnya agak ekstrim,, jalannya blm mulus2 bgt,, tp baguss kok tempatnya bisa main banana boat jugaa,,

banyakk cerita disangatta walaupun kota kecil tp ank2 mudanya gk jauh beda sm disbya.. hahahaaa….

selamat datang di sangatta… ^^

88. septika - January 1, 2012

Assalamu’alaikum mbak dian nama saya septika,insya Allah bulan depan saya berangkat ke sangatta…terima kasih ya udah buat blog ni setidaknya saya jadi punya bayangan bagaimana sangatta itu… :)

septika - January 1, 2012

salah ketik maksudnya minggu depan…
hehehhehe…
oiya,salam kenal ya mbak dian… :)

89. ari - February 13, 2012

saya juga rindu ke sangatta.
kpn ya bisa ke sana?

90. matahari - March 26, 2012

Iseng-iseng mau jln-jln disana ahn.

91. Yupiter Jelouva Tarigan - April 4, 2012

jkkl

92. hurian - April 29, 2012

sangata masih berdebu gag yahh?? :D

93. anto - May 25, 2012

otw sangatta

94. aradsa - June 19, 2012

sesama orang sengata,, :D mampir di blog kecil saya sis aradsa.com

95. santi yahuu - June 21, 2012

hai. hai… saya warga sangatta baru. saya senagn disini…. hutannya membuat betah untuk ditinggali. apalagi kalau jalan2 ke perumahan tanjung bara….. pasti betaaaaaaaaaaaah banget. :)

96. eA ganteng - August 6, 2012

Saya mau ke KPC Pit J..

97. eka - August 16, 2012

tdi ada yg nanya gmna fasilitas skolah di sangatta… Di sangatta skolahx bgus kok, kn ada spansa(SMPN1) sma SMANSA(SMAN1) truss ada yg RSBInya lgi…

98. sefti bjn - August 29, 2012

Duhhh jadi pengen bgt kerja disana, cari pengalaman baru, cari temen lama yg tinggal di sangatta baru, 8tahun gak pernah ketemu :(

99. Ratih - August 30, 2012

Assalamualaikum wr.wb, all: saya ratih elisa alhamdulilah saya sdh 6 thn tinggal di sangatta, dan saya berkerja sebagai guru di TK aisyiyah bustanul athfal 2,tentang pendidikan disangtta alhamdulilah sangat bagus,mulai dr playgroup, TK, SD, SMP, SMA, bahkan disangatta ada sekolah tinggi agama islam(STAIS) yg alhamdulilah saya kuliah disitu sekarang sy sdh semestr 5, pengeluaran yg lumayan banyak sebanding dengan pendapatn yg didapat, menurut saya itu semua kebanggaan sy ttg kota sangatta, walau panas n debu, wes i love u, hehehe

100. ainul - September 20, 2012

kira2 kalo ada lowongan kerja bidan di rumah sakit sangatta swasta atau negeri tolong kasih info ya….

101. bundafisa - September 24, 2012

Hi….ikutan yach.
Asyik jg baca comment ttg sangatta. Saya baru 21 tahun tinggal di Sangatta, yg melenceng jauh dari rencana semula waktu masih di jkt. target 5 tahun kembali ke jkt terlewatkan, keasyikan….jauh dr bising, macet, msh bisa lihat hutan walaupun skrg sdh tak senyaman dulu… hehehh

102. nursomad - September 27, 2012

kalno blh th,ad brp pasar malam nya?

103. nanang - September 27, 2012

halo salam kenal semua.. saya nanang dr surabaya,. saya awam ttg sangatta & hendak pergi kesana.. kalau dr bandara sepinggan naik travel/taxi gelap ada apa tidak? kisaran berapa biaya’nya kesana?
trus untuk losmen/tempat kost yg murah meriah didaerah mana ya?

mohon dibantu ya.. bisa komen disini atau email saya..
trima kasih semua.. assalamualaikum..

purnamadidit - November 9, 2012

Ass Wr Wb….
ane baru 1 tahun kembali ke Sangatta, setelah sekian lama menimba ilmu di Malang, akhirnya ane pulang kampung juga gan…

Selama kuliah, ane gk pernah pulkam meski libur kuliah, jadi pas selesai kuliah dan balik ke Sangatta, ane heran gan, Sangatta sudah berubah sejak saya tinggal dulu, skitar 5 tahun lalu.

Sekarang sudah ada Mallx walaupun menurut ane itu seperti ruko yg besar, haha… tapi selama 5 tahun Sangatta sudah berubah total….

104. riez - October 24, 2012

askum..thank’s buat petanya,sangat membantu
mudah2an rejekiku di sangatta (awal desember insyaalloh jadi penduduk baru di swarga bara )

105. eddieddi - December 11, 2012

Sangatta? Sebagai pengunjung, kesan pertama untuk kota ini: berdebu yang luar biasa, panas (kurang pohon). Kalau hujan becek. Air bersih susah, listrik byar pet, bensin langka dan mahal pula, kebutuhan pokok mahal. Transportasi susah. Lalu apa yg dibanggakan dari kota ini? Bupati membangun kantornya jauh dari kota. KPC membangun “istana” dengan segala fasilitasnya yang nyaman bagi kaum internalnya sendiri, termasuk airport. Ketimpangan terasa kalau membandingkan antara Kota Sangatta dengan “Kota Sangatta” milik KPC. Bagaikan warga kelas satu berhadapan dengan warga kelas bawah…..

Rudy Torello - January 3, 2013

Sy ke Sangatta 29/11/2012 untuk bekerja pd sebuah proyek kontruksi. Sama spt yg Eddieeddi katakan, panas & berdebu sbb sangat kurang pepohanan disepanjang perjalanan darat mulai dari Bontang hgg kota Sangatta. Sayang sekali, pihak Pemda kurang atau belum melakukan upaya penghijauan yg serius unt mengembalikan pohon2 yg telah banyak ditebang diwaktu lampau.
Transportasi internal kota hanya sebatas Jl. Yos Sudarso, dan belum menjangkau area dalam pemukiman penduduk sehingga sulit sbb hanya terlayani oleh ojek motor yg terbatas serta malah biayanya.
Kebutuhan pokok, luar biasa mahal – bisa 2 – 5 kali lipat dari Jakarta, termasuk makanan yg banyak di jual diberbagai rumah makan, kios maupun toserba.
Sebagai kota Kabupaten Kutai Timur yg baru berkembang, pihak Pemda dalam hal ini PU, perlu berfikir keras guna membuat master plan kota, mulai dari zona pemerintahan, zona bisnis maupun zona pemukiman penduduk maupun fasilitas umum lainnya agar dlm jangka panjang, menengah maupun pendeknya dapat berkesinambungan dan modern. PU perlu bekerja dengan kecepatan & percepatan diantara waktu yg sempit terkait pertumbuhan pembangunan oleh penduduk agar tidak carut marut seperti yg ada saat ini. Pengalaman kota2 lain dalam mengembangan pertumbuhan pembangunan kota, hendaknya dapat dijadikan cermin. Permasalahan kedepan seperti pertumbuhan penduduk yg akan meningkat, permasalahan pemukiman, permasalahan industri & perdagangan + pariwisata, bakal terkait-kait dengan permasalahan lahan, transportasi, sembako, BBM, hingga persoalan kemacetan lalu lintas & parkir kendaraan bermotor maupun pedagang K5.
Banyak lagi yg ingin sy tuliskan, tetapi sy khawatir jadi berkepanjangan. Sanggata sebagai sebuah kota yg baru tumbuh serta berkembang, sangat potensial menjuadi sebuah kota besar dan modern tentunya. Guide line perencanaan kota dengan master piece kota yg pasti sudah dipersiapkan oleh Pemda, pasti sangat bermanfaat untuk dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

106. sri laili - March 6, 2013

ya….
qku juga bukn orang asli sengatta..
tapi aku SP x d sangatta dulu….
sangatta emang cpat pertumbuhan x

107. salimoen - May 10, 2013

Sangata kota yg lg berkembang pesat,byk keluarga sy jd pns yg penghasilanx 3kali lipat dibanding pns biasa…luar biasa kayax ini daerah…

108. yayuk damiati - August 8, 2013

aSS. makasih y mba sebelumx uda cuap2 tentang sangatta, mudahan dgn blog ini sangatta jadi banyak yg tau dan mau berkunjung k sangatta, karna saya kuliah d jakarta jadi klo mw jelasin asal usul saya ke temen2 saya agak ribet. heheheheheee.
saya bangga jadi warga sangatta., walaupun saya bukan asli orang sangatta tapi saya dari kecil sudah idup d tanah sangatta ini dan cukup tw perkembangan tentang sangatta.
bagi yg baru pertama k sangattta yg merantau k sangatta jgn kaget dgn harga2 barang d sangatta yg selangit. hehehehehehee. but enjoyed sangatta kota tercinta

109. Juwita - October 14, 2013

halo saya juwita dari jakarta. ada yg punya contact person disangatta? dalam waktu dekat ini saya mau berkunjung kesana. kalau ada bisa kontak saya di juwita.mustika12@gmail.com mohon bantuannya ya

110. adhi arsandi - October 17, 2013

saya akan ke sengatta sabtu ini (19/10) ada kegiatan di sana di GOR BPSB Swagabara… untuk hotel yang dekat dari tempat kegiatan kira2 hotel apa…dan bagaimana soal makanannya serta tempat2 yang asik buat nongkrong..hehehehe.. tks buat yang mau reply

111. zaenal - February 17, 2014

salam kenal.. :-)

112. riskayanti - September 12, 2014

Pngen eh punya bnyak tmn disangata soal nya baru pindah ini, sekalian mw cari kerja dsangatta

113. riskayanti - September 12, 2014

Abi on : udh kerja dsangatta?disana ada lowongan kerja gak pak sya lgi nyari kerja sya lulusan smk jurusan adm perkantoran
Bu dian: ibu lama tinggal dissangatta?
Jika org d blog ini tau lowongan kerja tolong diinfo ke nomor ini 081221985838 ato pin bb 28D95199 makasih dtggu loh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: