jump to navigation

Kota Tambang September 26, 2007

Posted by bundarisa in Piknik.
trackback

Kota Sangatta adalah ibukota Kabupaten Kutai Timur, kota yang mempunyai slogan “Kota Tercinta”. Meski kecil dan jauh dari kota-kota lain di Kaltim, tapi kota ini tetap menyenangkan terutama bagi yang suka menyendiri.. he he he…

Kota terdekat adalah Bontang yang berjarak 60km jalur darat atau sekitar 1 jam perjalanan. Penduduk kota ini umumnya adalah kaum pendatang yang berasal dari Jawa, Sulawesi, Ambon, Flores dll. Sementara masyarakat lokal Sangatta sendiri nampaknya kurang dominan.
Masyarakat Sangatta umumnya bekerja sebagai petani kebun, sebagian sebagai karyawan terutama perusahaan-perusahaan tambang dan kontraktornya. Selain itu sektor perdagangan juga ramai terutama yang berkaitan dengan sembako, untuk yang bergerak dibidang sandang kurang berkembang karena umumnya masayarakat Sangatta lebih memilih keluar kota untuk berbelanja sandang.

Banyak orang bilang bahwa kota ini adalah kota tambang, artinya bila hasil tambang di daerah ini habis, maka kota ini akan sama halnya dengan kota mati. Namun demikian melihat pesatnya perkembangan kota Sangatta, minimal selama 3 tahun terakhir yang saya amati, kota ini akan tetap bisa eksis meski tambang sudah tidak beroperasi lagi disini. Usaha yang lumayan ulet oleh pemerintah daerah Kutai Timur menunjukkan suatu kesungguhan komitmen untuk membangun, dan menjadikan kota ini tidak tergantung pada sektor pertambangan saja.

Sangatta memang terlalu kecil untuk ukuran sebuah kota jika dibandingkan kota-kota yang ada di Jawa, namun demikian kota ini merupakan tujuan untuk mengadu nasib masyarakat dari kota lain di Kalimantan Timur, bahkan dari luar pulau. Konon, Upah Minimum Regional di kota ini lebih besar dari Upah Minimum Propinsi Kalimantan Timur, mungkin ini yang menjadi daya tarik tersenidiri bagi masyarakat dari kota lain di Kaltim seperti Samarinda, Bontang atau Balikpapan untuk untuk mengais rizki di kota kecil ini.

Pembangunan yang terus dilakukan, dari membuka hutan belantara menjadi sebuah desa kecil dan sekarang lebih menyerupai kota ini banyak mendapat dukungan baik dari pemerintah Kalimantan Timur sendiri maupun dari para investor yang beroperasi di Wilayah Sangatta dan sekitarnya. Sektor wisata juga tidak ketinggalan mendapat perhatian, Taman Nasional Kutai, Teluk Lombok, Pantai Sekrat menjadi andalan utama.

Kota Sangatta sendiri dikenal ada 3 kelompok daerah, yaitu: Sangatta Lama, Sangtta Sebrang dan Sangatta Baru. Dari namanya, saya sendiri cenderung mendefinisikan Sangatta Lama sebagai Sangatta yang pertama kali muncul dan dihuni oleh penduduk asli, kawasan tepi selatan kota Sangatta sekarang. Sangatta Sebrang adalah kawasan yang berseberangan dengan Sangatta Lama, tumbuh dan perkembang karena proyek ekplorasi migas oleh Pertamina. Sedangkan Kawasan Sangatta Baru adalah kawasan Sangatta bagian utara, biasanya disebut kawasan Swarga Bara. Sangatta baru tumbuh dan berkembang dipicu karena keberadaan tambang PT. KPC sejak awal tahun 1980-an.

Seriring dengan pesatnya perkembangan kota Sangatta, Bengalon yang teletak 60km dari Sangatta juga mengalami kemajuan pesat dalam 2 tahun terakhir. Bengalon sendiri dulunya adalah sebuah kecamatan yang terpencil di Kabupaten Kutai Timur, namun sekarang akses menuju Bengalon sudah sedemikian bagus sehingga hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk mencapainya dari Sangatta.

Bicara mengenai Bengalon, rupanya perkembangan desa kecil ini karena adanya aktivitas penambangan batubara milik KPC yang dilakukan oleh PT. Darma Henwa (Henry Walker Eltin) yang dimulai sejak awal 2006. Rencana proyek selama 10 tahun ini membawa dampak positf bagi warga disekitar Bengalon.

Waduh…, ceritanya jadi muter-muter sampai Bengalon nih… tapi 60km untuk ukuran hutan adalah dekat saja… (kata orang sini.. :)). OK deh Prends, segitu dulu cerita kali ini, InsyaAllah kapan-kapan dilanjut lagi…

About these ads

Comments»

1. irene - January 21, 2008

mbak… ada foto2 ttg kota sangatta nggak ya?saya mau pindah ikut suami kesana (KPC), jd deg2an soalnya biasa kerja ntar jadi nganggur…
email saya: godzilus@yahoo.com

2. dianwida - January 22, 2008

bentar ya… tak bongkar-bongkar file nya dulu…
tapi foto apanya nih? desanya, penduduknya, apa hutannya? he he…

3. anto - February 13, 2008

Mba saya mo pindah kerja di sana juga. Mo nanya kira2 biaya hidup disana sebulannmya berapa ya, untuk seorang bujangan ?

Misalnya, biaya kos? makan dan biaya transportasi muter2 sekitar sangatta? terima kasih kalau mo di jawab.

email saya : kopipagi14@plasa.com

4. dianwida - February 13, 2008

to irene:
ternyata stok fotonya terbatas dan gak bagus-bagus…, coba deh search di flickr tag sangatta, kayaknya banyak tuh…

to anto:
di sangatta kalo kos berkisar 400-500rb/bln satu kamar, kontrak rumah sekitar 10-15jt/tahun. makan hanya sedikit lebih mahal dari jawa, misal makan masakan padang pake ayam 9rb rp. transportasi 3rb sekali jalan pake angkot.
tapi banyak perusahaan yang menanggung, misalnya makan dan tempat tinggal (tinggal dalam mesh perusahaan), jadi biaya itu akan jadi tidak ada, tapi tergantung dengan perusahaan tempat kerjanya nanti. semoga bermanfaat..

5. Anto - February 14, 2008

Terimakasih mba Dian. Infonya sangat bermanfaat.

6. Kinong - March 11, 2008

Dear mba Dian, saya juga akan direncanakan untuk pindah kerja di Sangatta oleh perusahaan tmp saya bekerja saat ini dan suami kemungkinan besar akan ikut serta. Mohon informasi apakah kira2 disana ada perusahaan yang menggunakan tenaga graphic designer? Terima kasih sekali atas sarannya.

7. ARDHYE - March 26, 2008

mbak, ak pengen kerja di Sangatta. ad lowongan kah? ak lulusan sarjana kehutanan.sebelumnya makasih ya……

8. Uken - April 12, 2008

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Mbak bisa ga ya saya minta tolong ikut mencari saudara saya yang kerja di KPC. Udah hilang kontak sejak 2006. Alamat barunya ga tahu apalagi no telp. Tapi insyaAllah masih di KPC. Namanya Setiawansaputra A. Guan, aslinya orang Palangkaraya.

9. aqwim - May 12, 2008

Menanggapi tulisan dari mbak Dianwida emang benar dan tepat.
Saya barusan dari Sangatta selama 2 minggu, dan selama itu pula saya amati tentang kehidupan disana emang persis seperti yang mbak Dian tulis. Bagi yang pingin pindah atau merantau kesana menurut saya masih banyak peluang usaha karena masih minimnya fasilitas. Bagi yang punya skill dan modal saya rasa mudah sekali untuk memperoleh uang jutaan dalam waktu yang singkat. ada kenalan disana yang bilang “uang 100 juta itu kalau disini gak banyak n gampang didapat”.

10. alpian - July 18, 2008

mba, mau nanya sekarang umk untuk kota bontang dan kota sangatta berapa ya, soalnya saya bakalan dimutasikan diantara 2 kota tersebut sangatta atau bontang, tapi saya bingung dengan biaya hidup disana…?
tolong kirim balasan via email aja ya mba, ke alpian051@yahoo.com.
makasih

11. milawati - July 25, 2008

Assalamu’alaikum wr wb
mb, saya mila Sarjana Sains Biologi. saya lulus awal 2008 ini. Saya saat ini sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya. Mohon sekiranya mb bisa menginformasikan jika di Sangatta ada informasi lowongan pekerjaan tesebut. mb dapat menghubungi saya di no. 085246759784 / 0541 275580

12. dianwida - August 2, 2008

Wa’alaikumsalam wr. wb.,
kalo alumni biologi, masuk ke perkebunan atau kehutanan kali ya cocoknya atau perusahaan tambang dept. enviro… coba deh search aja…

13. JeJe - September 18, 2008

Ass.
Mba. Saya mau tanya ? kira kira di perusahaan tambang di sangata ada tidak cewek yang kerja di perusahaan tambang khususnya pada bagian lapangan… ! Driver ato Helper.. dll.

14. Adrian - October 7, 2008

Ass,

Mbak Saya mau tanya apakah ada transportasi udara dari balikpapan ke Sangatta kalau ada biayanya berapa dan apabila tidak ada yang langsung sebaiknya naik apa. Karena rencananya saya ada proyek di KPC akhir bulan October ini.
Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya

15. dianwida - October 8, 2008

wass.,
ardian,
transportasi udara ada, dengan pesawat kecil, cassa punya kpc atau star air punya thiess. belum diarrange untuk cassanya kpc ya? kan untuk proyeknya kpc?
kalo naik darat banyak travel dari bpn ke sangatta, kalo mau saya ada nomer beberapa agen travell… he he… bukan promosi travel lho…

Jeje,
karyawan cewek banyak sekali… driver ada, helper kurang tau juga sih… yang jelas kalo admin banyak… :)

16. indrie - November 1, 2008

mbak…slam kenal saya indrie dari jkt….mb lg online ya?? YM nya apa ? tar kita bisa ngobrol2 kan..sy mo nanya banyak ttg kehidupan sangata. sy n kel (suami n 1 putra) ada minat pindah ke Kaltim..tdnya sy bingung mo balikpapan, bontang, samarinda ato sangata…tapi waktu baca sharing mb..bgs juga kyknya sangata..btw, tlg approve YM sy mb..sy indriemanies..thx

17. dianwida - November 3, 2008

wah… itu sih tergantung masing-masing mbak Indrie, kalo suka yang sepi dari hiruk-pikuk kota ya Sangatta pilihan yang tepat, tapi kalo ingin di tempat yang ramai dan akses yang mudah ya pilihlah Balikpapan… tengah-tengahnya ya Samarinda atau Bontang ntu… :)

18. esty - November 3, 2008

ass mbak dian…
salam kenal,, tadi search di paman google mencari informasi tentang bengalon,, dan akhirnya menemukan halaman ini.
sebelumnya bengalon tidak dapat diraba dimana letaknya,, setelah membaca informasi dari tulisan mbak,, jadi sedikit bisa membayangkannya :).
jika punya YM mohon saya di add ya mbak untuk memperpanjang silaturahmi. salam buat adik kecilnya. :)

19. dianwida - November 5, 2008

wass…
nah… ini nih… mesti mbak Esty kelahiran Bengalon yang sekarang di rantau orang ya…
hiks.. hiks… malah aku sekarang sudah tidak bisa membayangkan seperti apa Bengalon sekarang… :( yang jelas kost-kostan minimalis dengan harga maksimalis kali ya…

20. Vidy Hatta - January 30, 2009

Mbak Dian, sorry nih nimbrung.
Salam kenal. Calon suamiku maret ini insyaallah mo ditempatin di Sangatta tapi bukan dari KPC, jadi kemungkinan nga bakalan dapet fasilitas transport udara :)
Walaupun mbak udah nga di sangatta lagi, mungkin masih simpen kontak2 travel agent dari BPN ke Sangatta. Boleh minta bbrp ga? Yang recommended tentunya? Brp sih biasanya one trip?

21. dianwida - February 1, 2009

Saya pny beberapa no travel di Sangata,ini nih.. Travel Melody (05427070038), Ainur (05427003007), Cendana (0542425298). Kl Melody ada eksekutif classny, 1 mobil 5 org. Tarifny yg eksekutif 130 ribu, yg biasa 100-110 ribu. Smg bermanfaat :) .

22. jubaedah - February 2, 2009

Mba, salam kenal ya,
Btw, semua orang tanya2 nya seputar sangatta,
Boleh ga saya nanya2 samarinda..hehe
Soalnya saya mau kerja di sana..

23. jubaedah - February 2, 2009

Mba di samarinda ada agen yg bisa bantu mencari kos-kosan gak,
Punya info gak mba?
Thanks b4

24. dianwida - February 10, 2009

to jubaedah,
Wah, sayang sekali aku gak begitu hafal samarinda, gimana kalo coba cari di koran lokal, tribun atau kaltim post misalnya.

25. leli - March 31, 2009

mbak dian, salam kenal ya. saya mau tanya daerah jl. yos sudarso dekat kota nggak ya? mohon info apa benar ada pt. hesta mulia jaya, daerah yos sudarso I/66. bergerak dalam bidang apa ya?. thanks berat buat infonya

26. dianwida - April 1, 2009

salam kenal juga mbak leli,
jl. yos sudarso itu ya jalan porosnya kota sangatta… boleh dibilang sangatta itu ya jalan yos sudarso… he he..

27. Andi Haqiqi - April 5, 2009

Ass. Wr. Wb.
Salam kenal mba..
Andi dari semarang mau nanya…
Kebetulan baru ketrima kerja dan di tempatkan di sangatta…gmn keadaan kota sangatta skrg? apakah operator telpon mobile-8 (fren) bisa digunakan? operator apa yg bs dgunakan disana? oia klo naek pswt dr bpn ke sangatta apa bs utk umum? makasih ya mba..

28. dianwida - April 5, 2009

Wass.,
kota sangatta… ya begitulah seperti yang saya ceritakan…

29. gaus - April 10, 2009

dear sir
ada gk lowongan tuk d teknik aircraft d kpc tlong donk klo ada gw ex pt.merpati nusantara airlines sebagai mechanic aircraft gw jg pnya sertifikat thanks

30. dianwida - April 10, 2009

duuh… gaus, maaf ya gak bisa bantu untuk yang satu ni… ditambah lagi kita sekarang sudah tidak di sangatta lagi.

31. leli - April 21, 2009

mbak wida, leli mau tanya apa mbk punya kenalan orang sangatta yg bisa jd guide buat sy. minta tlg cewe. jd lebih enak komunikasinya. krn sy mau melacak teman yg tinggal disana, tp hilang jejak. thanks berat

32. dianwida - April 22, 2009

wah… maaf gak bisa bantu ya mbak leli, kenalan sih ada tapi mau apa nggaknya menjadi guide yang kita gak tau.

33. Nina - May 9, 2009

Mbak dian,salam kenal yaa..InsyaAllah dlm wkt dekat ini saya mau pindah kesangatta ikut suami.mbak ada info kontrakan rmh disana ga?mba,klo mau kesamarinda dr sangata brp jam?makasih y mba

34. dianwida - May 18, 2009

sekitar 5 jam mbak…, tapi gak tau sekarang katanya jalan sangatta – bontang rusak berat.. bisa lebih kali yak…

35. fachrul esa - June 19, 2009

salam knal mabak……..mbak ada tau ngga kost2an disangatta khususnya didaerah dekat pertamina ep sangatta…makasih

36. lia - July 31, 2009

mb…saya mau minta bantuan neh….
mau dunk beberapa no telp agen trevel
coz mau ke sangatta tgl 5 agustus 2009…
tolong secepatnya ya…
saya sangat membutuhkannya…
terimakasih banyak….

dianwida - August 3, 2009

sudah saya kirim lewat email ya mbak Lia… semoga bermanfaat.

37. BSS - September 1, 2009

mbak dian masih tinggal di sangatta? saya rencana pindah kerja kesana awal oktober di salah satu sub con KPC, kira2 biaya/bulan untuk keluarga berapa ya?

Thx info nya ttg sangatta, sangat bermanfaat…!!

dianwida - September 1, 2009

pak, sudah saya balas lewat email ya…

akuinipipi - June 9, 2010

kabari aku jg ya mba via email

Febri@fun-dering.com

dan, pi2lucu@yahoo.com

38. subhan - October 14, 2009

mba dian,
boleh minta bantuan no. telp penginapan di daerah sangata, cukup sktar 1 hari aja. klu bisa yang harganya di bawah 50 rb. soalnya mau ke KPC minggu ini.

39. dina - April 1, 2010

mbak…kalo bengalon tau banyak gak??
bagi infonya dunk… ttg transport dari Balikpapan, life cost, sinyal ponsel…..

thx before ^^

40. rian - May 4, 2010

how about sangkima

41. rian - May 4, 2010

dina @ bengalon dari sangatta sekitar 1 jam di tempuh dengan kendaraan darat.. signal oke.. life cost gk bda jauh dgn sangatta.

42. hasbiah - May 11, 2010

mbak. . .boleh nanya nga’,mohon diinfokan kalau ada lowongan kerja di bidang garmen
thanks be4

43. akuinipipi - June 9, 2010

mba dian salam kenal aku pipi

aku ada rencana sedang mencari2 penyewaan rumah di komplek KPC, sangatta,kebetulan aku lihat mba org sama, mba ada recomend ga ya?
kalau ada boleh minta tlg infokan ke aku, di
add YM ku: pi2lucu@yahoo.com
atau sms 0818-08266396
(kalau boleh langsung lewat sini karena aku jarang online di multiply)

aku sedang cari2 karena kebetulan calon suami mau tinggal disana 1,5th dpt proyek dr KCP, nnt aku menyusul ikt suami pd bulan agustus,jd saat ini sedang mncari2 tmpt tinggal utk disana.

kalau memang ada info mohon kabari aku ya mba, siapa tau mba ada recomend rumah yg murah penyewaannya,
tdk perlu besar, yg penting bs ditinggali 2 org, bentuknya rumah (bukan kontrakan), dan lokasi di daerah komplek KPC nya.

baiklah mba terima kasih sebelumnya,
sekali lg salam kenal

pipi

44. ima - June 12, 2010

mba sy ad rencana assesment di subcon kpc di bengalon. di bengalon ad atm ga ya?trus kondisi dsana bgm?ktanya air sussah bgt ya dsana?

45. Ryan - March 9, 2011

mba saya bole minta no tlp bua informasi KPC gk..sebab saya mo cari temen saya yg kerja di KPC

bundarisa - October 27, 2011

waduh, gak bisa bantu… maaf ya…

46. ivan - September 15, 2011

mbak..
slam kenal… :)
saya ivan, mau tanya.
cari kerja di perusahaan sangatta itu apakah mudah diterima?
denger2 kalo pengen cepet dapat kerja di perusahaan sangatta itu harus pnya KTP sangatta.. apakh benar mbak?
mhon dikrim lwat email saya

bundarisa - October 27, 2011

eee…. ada benernya juga kayaknya ya… biasanyakan perusahaan itu bina lingkungan.
btw, dulu kita bikin KTP sangatta setelah kita sekitar 2 tahun tinggal di sangatta… hehe…

47. bunda zyru - October 25, 2011

assalamualaikum…salam kenal ya mbak
sebelumnya thanks ya mbak…infonya sangat berharga,mau nanya mbak,suamiku ada panggilan dari kpc.
1. posisi project engineer ,berapa salarynya ya mbak?
2. apa smua karyawan kpc di sangata dapat perumahan untuk familinya mbak?
3.biaya hidup disana mahalkah mbak?

trimakasih atas jawabannya ya mbak,kalo bisa kirim juga ke emailku bundazyru@gmail.com. Smoga kebaikan mbak menjadikan mbak dan keluarga selalu diberkahi Allah ..Amiiin

bundarisa - October 27, 2011

Wa’alaikumsalam…
salam kenal juga bunda zyru…, u/ update, kami sekeluarga sudah meninggalkan sangatta pertengahan 2008 dan sekarang sudah kembali ke jakarta.
untuk salary, tentunya akan disesuaikan dengan pengalaman. kalau melihat rolenya sebagai project engineer, itu di level D.
Range level D mulai dari fresh sampai kompetent mungkin sekarang berkisar di 10 – 14jt gross/bln dengan 20 kali gaji pertahun.
Ya, semua karyawan KPC akan mendapat fasilitas perumahan, berupa Ownership Housing Program, dengan ketentuan2 tentunya. kalau gak salah utk yang ini akan di rating (masuk antrian), tapi bila sudah berkeluarga akan diutamakan. Dalam masa antrian, biasanya akan masuk ke mesh karyawan dulu dengan status penugasan single status.
Biaya hidup… 2008, seporsi nasi goreng 12 ribu rata-rata. sekarang berapa ya…. hmmm… mending masak sendiri deh… hehe… bisa atur-atur.
regards,
mamarisa

48. Sky Andrew - June 18, 2012

embak teluklingga kok gak dsebutin kok cuma sangata lama, sangata baru, sangata sebrang si.
perasaan yg pertama itu kabo jaya mbak. hehehehe

49. xcxcxcxcxcazsxcx - August 31, 2012

Mohon bantuan dong nomor telpn travel / terminas bus di sangatta, karna saya tgs di sangatta hrs pulang pergi ke balikpapan. Mohon bantuan jadwal keberangkatan bus kalau ada, thanks atas bantuanya.

50. Fujiko - March 4, 2013

Your comment is awaiting moderation.
Tersedia kos kosan ada 5 kamar, setiap kamar di lengkapi kamar mandi di dalam + dapur alamat di sangatta lama tepatnya di Magarukun deket dekat penyabrangan , 3 kamar di siapkan untuk yg bujangan / sendiri dan 2 kamar untuk yang berkeluarga … Lingkungan aman , informasi lebih lanjut telp : 08157080003 / 081807732323 pin bb 2798606d — at Sangatta

51. Fujiko - March 4, 2013

Tersedia kos kosan ada 5 kamar, setiap kamar di lengkapi kamar mandi di dalam + dapur alamat di sangatta lama tepatnya di Magarukun deket dekat penyabrangan , 3 kamar di siapkan untuk yg bujangan / sendiri dan 2 kamar untuk yang berkeluarga … Lingkungan aman , informasi lebih lanjut telp : 08157080003 / 081807732323 pin bb 2798606d — at Sangatta

52. Banyu MIli - November 30, 2013

bagi yang membutuhkan info travel di Sangatta bisa langsung meluncur ke

http://banyumili.web.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: