jump to navigation

gempa, apa dan bagaimana September 13, 2009

Posted by abdulghofur in Artikel, Geologi.
trackback

Prends… ada sedikit cerita tentang apa dan bagaimana gempa itu terjadi. Yah, beberapa tahun ke belakang ini, negara kita sering di landa gempa. Mungkin sebagian dari kita sudah tak asing algi, tapi mari kita refresh…

Rasanya istilah gempa bukanlah hal yang asing bagi kita. Beberapa kali atau sering kali kita (Indonesia) merasakan adanya gempa, baik dalam skala yang kecil atau besar, dengan intensitas waktu yang singkat bahkan pernah juga dengan intensitas yang cukup lama. Gempa (atau lindu, orang Jawa bilang) pada dasarnya adalah akibat dari pelepasan energi secara tiba-tiba pada kerak bumi. Energi ini berasal dari akumulasi tekanan batuan akibat pergeseran kerak bumi. Dalam ilmu kegempaan sendiri, berdasar genesa atau kejadiannya gempa dibagi menjadi 2 macam, yaitu gempa Tektonik dan Gempa Vulkanik. Kedua jenis gempa ini sama-sama terjadi pada kerak bumi hanya berbeda penyebabnya. Gempa tektonik disebabkan oleh pergerakan lempeng-lempeng benua dan lempeng samudra (ingatkan teori tektonik lempeng yang menjelaskan bagaimana bumi yang dinamis ini?). Sedangkan gempa vulkanik disebabkan oleh aktivitas gunung berapi.

Indonesia Daerah Gempa?

Memang tidak semua daerah di Indonesia rawan terjadinya gempa, pada dasarnya daerah-daerah yang berpotensi terkena gempa adalah daerah-daerah yang terletak di sepanjang pertenuan batas lempeng. Peta berikut adalah sebaran pusat gempa yang pernah dirilis BMG pada tahun 2006:

Map gempa

Kartun berikut memberikan gambaran proses terjadinya gempa:

proses gempa

p jawa

Hipocenter dan Epicenter

Hipocenter (Fokus Gempa) adalah istilah yang dugunakan untuk menyebut titik pusat gempa, tempat dimana sumber energi dilepaskan. Epicenter adalah daerah permukaan yang terdeka dengan Hipocenter. Daerah yang terletak di Epicenter inilah yang merasakan guncangan gempa paling besar. Pada gambar diatas bisa kita pahami kedua istilah tersebut.

Gelombang Gempa

Dikenal ada 2 jenis gelombang yang dihasilkan dari proses terjadinya gempa bumi, yaitu gelombang S dan Gelombang P, kartun dibawah memberikan ilustrasi dari gelombang P dan S:

P dan S

P_S

Semoga sedikit kartun gempa yang saya sunting ke dalam tulisan ini bisa memberikan gambaran apa dan bagaimana gempa itu terjadi. Tentu harapan kita tidak ada lagi korban akibat bencana yang kita sebut gempa ini. Tapi secara alaminya, gempa akan terjadi karena ini adalah proses alami untuk keseimbangan bumi kita yang dinamis ini. Sebagai manusia kita hanya bisa memohon atas Perlindungan-Nya.

31

About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: