jump to navigation

coal bed methane, energi lain dari lapisan batubara February 14, 2009

Posted by abdulghofur in Artikel, Geologi.
trackback

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan energi dan entah ada hubungannya nggak dengan resesi ekonomi (hualah… gubrak..), CBM (Coal Bed Methane) saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan di negara kita. Di negara-negara lain, pemanfaatan CBM sudah bukan hal baru lagi. Oleh karena itulah, itung-itung alih teknologi, tak jarang perusahaan yang bergerak dalam eksplorasi CBM ini “ngebon” pemain asing untuk menerapkan dan mentransfer ilmunya ke negara kita. Tidak usah sebut sana-sini, karena hal itu sudah biasa di sektor industri apapun….😦

CBM adalah gas metana yang dihasilkan selama proses pembatubaraan dan masih tetap terperangkap di dalam lapisan batubara. Proses pembentukannya CBM dibagi menjadi:

  • Biogenic: pembentukan karena adanya bakteri pengurai selama proses pembatubaraan, terjadi pada fase awal proses pembatubaraan dan pada fase akhir pembatubaraan.
  • Termogenic: pembentukan karena faktor temperatur akibat tekanan dan pembebanan selama proses pembatubaraan.

cbm-1

Keberadaan gas ini dalam batubara adalah tersimpan dalam matrix batubara secara adsorbsion, atau gas menempel dalam pori-pori matrix batubara. Seperti disebutkan diawal bahwa CBM terbentuk dan terperangkap dalam lapisan batubara.

Eksplorasi

Karena keberadaannya, dalam eksplorasi CBM yang menjadi target adalah lapisan batubara, disini lapisan batubara berperan sebagai reservoir dan juga sebagai source rock. Dengan kata lain, tidak terjadi migrasi gas seperti halnya pada gas bumi. CBM terjebak karena tekanan air dalam lapisan batubara. CBM bisa keluar (desorpsion) dari matrix batubara melalui cleat (bidang rekah) dengan merendahkan tekanan air pada target lapisan. Tekanan air ini direndahkan dengan cara memompa air (dewatering). CBM adalah gas dengan low pressure, sehingga spasi sumur rapat menjadi pertimbangan untuk memproduksinya, dengan kata lain, sumur yang dibutuhkan sangat banyak.

cbm-2

cbm-3cbm-41

cbm-51

Secara volumetrik, dengan volume batuan yang sama, volume CBM pada lapisan batubara bisa mencapai 3 – 6 kali lebih banyak dari gas konvensional yang terdapat reservoir batupasir. Karena prinsip terkandungnya CBM adsorbsion pada matrix batubara, maka dari segi eksplorasi keberhasilannya sangat tinggi karena CBM bisa terdapat pada antiklin atau sinklin, cebakan struktur lain atau cebakan stratigrafi. Lapisan batubara pembawa CBM biasanya tidak terlalu dalam sehingga akan memudahkan dalam pengeboran juga tidak semahal pada eksplorasi gas konvensional. Lapisan batubara yang dalam akan mengalami tekanan yang lebih tinggisehingga sistem cleatnya lebih tertutup, hal menyebabkan prorsitas dan permeabilitasnya lebih kecil.

Comments»

1. zefka - March 9, 2009

ketemu lagi deh akhirnya… mskpun cm di dunia maya.
Masih konsern jg ke batubara ya…. hehehe. CBM emang penuh misteri
Ijin ngelink ke blog sampeyan Kang.

2. dianwida - March 11, 2009

monggo kang eko…
salam-salam buat grumbles, yang shift pagi, shift malam sama yang shift off.

3. Nugroho - April 3, 2009

masih lanjut menggeluti cbm mas? ferian lagi konsen sama cbm sekarang, kemaren sempat presentasi di itb

4. dianwida - April 4, 2009

nggak nug… nulis-nulis wae bagi-bagi info..
wah, feri lanjut riset cbm tho… mantablah…

5. adid sanjaya - August 16, 2009

mau tanya Bang:
kalo untuk CBM, calori rendah itu berapa ya… apaka 4000 – 5000 bisa… masa produksi gas ini berapa lama? kalo mau mengeruk batu bara kan tinggal keruk saja kalo ini dari persiapan sampe keluar gas diperlukan berapa lama ya…..

dianwida - August 18, 2009

calori rendah dibawah 5000, bagus untuk prospoksi CBM. banyak variabel yang mempengaruhi lifetime produksinya, contoh gampang ya kapasitas produksinya itu sendiri berapa, juga akan sangat bergantung dari kandungan/cadangan didaerah masing-masing, karena untuk setiap volume batubara juga tidak sama kandungan CBM-nya.

taufik - January 13, 2010

pur…kumaha damang ???
urang ayeuna geus pindah deui ka ephindo..hehe
di jakarta..wuasyiiikkkkk…hehehe…
good blogging nih…maju terusss
salam,
taufik

dianwida - January 14, 2010

e e e… mak nyus atuh pik… pindah deui pindah deui…
hehe…

6. tanto - December 25, 2010

ada info tentang logging cbm ga kang..??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: