jump to navigation

dari sampingan menjadi tumpuan April 17, 2009

Posted by bundarisa in Bisnis.
trackback

Sampingan, begitu orang menyebut penghasilan tambahan dari selain gaji. Menurut hemat saya ada benarnya, tapi tidak 100%. Contoh kasus ada beberapa teman yang gajinya malah yang jadi tambahan buat dia dan keluarganya, ini berarti pendapatan utama bukan dari gaji, tapi dari hasil usaha, sawah atau investasi misalnya.
Di era yang serba sulit saat ini, banyak orang berupaya mempunyai penghasilan tambahan. Mungkin demikian juga dengan kita sudah mulai memikirkan penghasilan tambahan buat keluarga, meski baru sebatas angan-angan. Adalah hal yang bagus bila niat tersebut bukan hanya sekedar angan-angan, tapi bisa dilaksanakan. “Ah…, ngomong sih gampang…” itu nada pesimis… Jangan diikuti ya.. He he.. “baikkan hati, besarkan impian, sederhanakan tindakan, lihat apa yang terjadi” begitu kata Mario Teguh… Hayoo.. Apa hubungannya coba…
Kami sekeluarga juga sudah mulai memikirkan hal itu, dan Alhamdulillah sudah mulai jalan. Usaha mie ayam gerogak yang pengelolaannya diserhakan kepada teman yang kebetulan boss mie ayam, hal ini karena ayah masih bekerja dan tidak sempat mendorong sendiri gerobak tersebut. Rencana kami akan menitipkan beberapa dan siapa tau suatu saat ada yang mangkal juga. Jika kita mau berpikir sederhana, dari 1 gerobak yang dititipkan misalnya mendapat bagian 400rb/bln maka jika kita nitip 10 akan 4jt/bln, hmmm… Cukup gak ya buat biaya hidup sebulan di kampung?

gerobak-11
Bukan masalah cukup atau tidak jika kita mau berpikir ala pengusaha, mestinya kita berpikir bagaimana usaha itu terus dan terus berkembang, tidak linear tapi exponensial. Mungkin sebagian dari kita ada yang bercita-cita untuk bekerja tidak sampai usia pensiun normal, dan berpikir untuk punya usaha sendiri… karena kami juga pemula, jadi kami gak punya tips dan triks jitu untuk ditiru, tapi yakinlah bahwa: kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan, ini tidak langsung sesuai dengan janji Allah “berdo’alah pada-Ku, niscaya Aku kabulkan”:
So… Tetap semangat…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: